Tuesday, 19 October 2021
  • BPTP Jawa Barat 1
  • BPTP Jawa Barat 2

PATBO SUPER UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SAWAH TADAH HUJAN

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sawah tadah hujan adalah sawah yang sistem pengairannya hanya mengandalkan curah hujan. Di musim kemarau sawah ini dibiarkan tidak diolah (bera) karena air tidak tersedia. Sehingga sawah tadah hujan umumnya hanya menghasilkan padi setahun sekali, paling banyak dua kali setahun.

PATBO adalah  Padi Aerob Terkendali berbasis Bahan Organik.   PATBO SUPER adalah  paket teknologi budidaya padi dengan basis utama manajemen air, dan penggunaan bahan organik untuk meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) dan produktivitas pada sawah tadah hujan.

 

Komponen teknologi PATBO SUPER antara lain yaitu:

  • Penggunaan VUB kelompok amfibi dan genjah.
  • Penggunaan bahan organik dan pupuk hayati.
  • Manajemen air.
  • Pengendalian gulma.
  • Penggunaan alsintan untuk mengatasi kelangkaan tenaga

 

Faktor utama dalam meningkatkan produktivitas padi adalah Varietas Unggul Baru  (VUB) untuk padi.  Varietasunggul padi amfibi yaitu varietas yang dapat menyesuaikan diri pada kondisi banjir dan kekeringan. Sedangkan varietas genjah yaitu varietas umur pendek, yang berumur 105-124 HSS. Varietas unggul amfibiantara lain:  Situ Patenggang, Situ Bagendit, Limboto, Inpari 38,  Inpari 39, Inpago 8, Inpago 9.  Varietasunggul genjah antara lain:  Dodokan, Inpari 10 Laeya, Inpari 30, Inpari 31, Inpari 33, Inpari 40, Inpari 42 (Agritan GSR), Inpari 43 (Agritan GSR).  Tentu masih banyak varietas amfibi dan varietas padi genjah lainnya, bergantung pada ketersediaan benih dan kemampuan varietas tersebut menyesuaikan diri dengan kondisi lahan yang tersedia.

Para petani dapat menggunakan varietas unggul baru yang bersifat amfibi atau genjah pada lahan sawah tadah hujan dan di tanam pada musim kemarau , unutk meningkatkan ideks pertanaman, kualitas hasil,  dan produktivitas tanaman, karena sinar matahari lebih banyak, serangan organisme pengganggu tanaman berkurang, asalkan  kebutuhan air tercukupi.

Gambar 1. Demplot Patbo Super  seluas 10 ha, dengan swadaya masyarakat 25 ha di Ujung Jaya Semedang, pada musim kemarau, dengan sumber air pompa dari sungai untuk meningkatkan indeks pertanaman ( sumber : Dr. Yanto Surdiyanto, BPTP Jabar, 2017)

Ditulis Oleh : Oswald. M 

Sumber : Dr Yanto Hardiyanto, BPTP Jawa Barat, 2017, dan sumber lainnya.

BPTP Jawa Barat

Jl.Kayuambon No.80 Lembang
Jawa Barat 40391 Indonesia
Telp. (022) 2786238
Fax. (022) 2789846
Email: bptp-jabar@litbang.pertanian.go.id

Statistik Pengunjung

97
TodayToday56
YesterdayYesterday41
This_WeekThis_Week97
This_MonthThis_Month97
All_DaysAll_Days97

Social Media

Search