Tuesday, 19 October 2021
  • BPTP Jawa Barat 1
  • BPTP Jawa Barat 2

Bimbingan Teknis Penyuluh dan Petani di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bimbingan teknis telah dilaksanakan oleh tim BPTP Jawa Barat di Desa Babakanjati, Kec. Cigandamekar, Kabupaten Kuningan pada hari Sabtu, 18 September 2021. Kegiatan dihadiri oleh Anggota Dewan Komisi IV DPR-RI Dapil Jawa Barat X (KH. Asep A. Maoshul Affandy, M.Pd.I), Kepala BPTP Jawa Barat (Dr. Yiyi Sulaeman, SP., M.Sc), Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan & Pertanian Kab. Kuningan (Yudi Rudiyanto, SP., MM), Camat Cigandamekar (Agus Suryo S.Sos, MM), dan 100 petani dan penyuluh di Kab. Kuningan.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dilakukan swab antigen sebelum kegiatan berlangsung dan dinyatakan 100% peserta negatif Covid-19.

Kegiatan disambut baik oleh instansi dan petani setempat. Ucapan selamat datang dan terima kasih disampaikan oleh Camat Cigandamekar dan sangat menantikan ilmu-ilmu dari BPTP Jawa Barat.

"Pertanian itu harus ada ilmunya, diharapkan dengan kegiatan ini petani yang tidak tahu menjadi mengetahui, yang mengetahui menjadi mengerti, dan yang sudah mengerti dapat mempraktekkan ilmu-ilmu yang sudah diberikan" ujar Kepala BPTP Jawa Barat, Dr. Yiyi Sulaeman, SP., M.Sc.

Dalam sambutannya, Anggota Dewan Komisi IV DPR-RI, KH. Asep A. Maoshul Affandy, M.Pd.I menyampaikan "Kab. Kuningan memiliki sumber daya yang luar biasa. Namun belum dimanfaatkan secara optimal. Contohnya kebutuhan pupuk hanya selalu mengandalkan pupuk anorganik, padahal potensi pupuk kandang sebagai bahan organik banyak tersedia. Pendekatan budidaya ramah lingkungan merupakan suatu jawaban permasalahan tersebut. Melalui kegiatan bimbingan teknis, semoga peserta dapat mentransfer ilmunya kepada masyarakat lain yang membutuhkan".

Acara bimtek di Kab.Kuningan, disampaikan materi Teknis Budidaya Padi Ramah Lingkungan (BPRL) yang dipaparkan oleh Dr. Ir. Nana Sutrisna, MP, Pengendalian Hama Penyakit Ubi Jalar dengan narasumber Dr. Ir. Yanto Surdianto, MP, serta materi Aplikasi Layanan Konsultasi Padi (LKP) oleh narasumber Dr. Darojat Prawiranegara, SP., M Si.

Kegiatan ini juga disiarkan langsung melalui aplikasi zoom, youtube BPTP Jawa Barat, dan instagram @bptpjawabarat.

BPTP Jawa Barat

Jl.Kayuambon No.80 Lembang
Jawa Barat 40391 Indonesia
Telp. (022) 2786238
Fax. (022) 2789846
Email: bptp-jabar@litbang.pertanian.go.id

Statistik Pengunjung

95
TodayToday54
YesterdayYesterday41
This_WeekThis_Week95
This_MonthThis_Month95
All_DaysAll_Days95

Social Media

Search