Tuesday, 19 October 2021
  • BPTP Jawa Barat 1
  • BPTP Jawa Barat 2

Petani Cianjur Bercengkrama dengan Jasad Renik

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
Cianjur, 20 Agustus 2021. Di Lokasi perbenihan kentang Kab. Cianjur, bermain dengan jasad renik tak lagi menjadi monopoli para akademisi dan produsen pupuk hayati saja, para petani disana mulai dikenalkan dengan salah satu cendawan (fungi) yang bermanfaat bagi kesuburan tanah dan cara mengembangbiakkannya. Jamur tersebut adalah Trichoderma sp.
Trichoderma sp. adalah salah satu mikroorganisme fungsional yang dikenal sebagai pupuk biologis tanah dan biofungisida.
Mikroorganisme ini adalah jamur penghuni tanah yang dapat diisolasi dari perakaran tanaman di lahan pertanian. Disamping sebagai organisme pengurai, Trichoderma, sp dapat pula berfungsi sebagai agen hayati, stimulator pertumbuhan tanaman, dan sangat efektif mencegah penyakit busuk dan layu. Pupuk hayati berbahan jamur ini memang banyak dijual dipasaran luas dengan harga terjangkau namun bukankah akan lebih ekonomis jika petani dapat memproduksinya sendiri? Karena itu tim perbenihan kentang Kab. Cianjur berinisiatif menggelar pelatihan pengembangbiakan Trichoderma kepada petani di Desa Batulawang dan Sindangjaya Kab. Cianjur.
Dengan alat-alat sederhana yang mudah didapat seperti kompor, panci kukusan, baskom, saringan, hekter, sendok, dan jarum kawat, petani dapat mengembangbiakan jamur ini dengan cara mengambil sedikit isolat Trichoderma sp. lalu dicampur dengan jagung giling yang sudah dikukus, dibungkus rapat di dalam plastik dan dalam waktu 10 hari Trichoderma sp. ‘Homemade’ sudah siap dicampurkan dengan pupuk kandang dan ditabur di lahan pertanian. Mudah dan praktis. Semua peserta pelatihan berkesempatan melakukan perbanyakan dan tidak ada yang merasa kesulitan melakukannya. Hasil perbanyakan diberi nama petani pada bungkus plastik masing-masing untuk dilihat hasilnya nanti. Peserta dengan hasil perbanyakan terbaik akan mendapatkan hadiah kejutan. Apakah itu? Tunggu 10 hari lagi.
 
  

BPTP Jawa Barat

Jl.Kayuambon No.80 Lembang
Jawa Barat 40391 Indonesia
Telp. (022) 2786238
Fax. (022) 2789846
Email: bptp-jabar@litbang.pertanian.go.id

Statistik Pengunjung

101
TodayToday60
YesterdayYesterday41
This_WeekThis_Week101
This_MonthThis_Month101
All_DaysAll_Days101

Social Media

Search