JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Prosiding Seminar Nasional 2014

SELENGKAPNYA KLIK DISINI


Daya saing sumberdaya pertanan dalam negeri pada Era Globalisasi sangat dituntut dari segi kuantitas, kualitas dan kontinuitas serta keunggulan sumberdaya manusia terhadap penguasaan teknologi tepat guna dan unggul spesifik lokasi. Badan Litbang Pertanian, LIPI, Perguruan Tinggi dan Litbang swasta sebagai sumber teknologi di Indonesia dituntut harus lebih produktif menghasilkan produk-produk inovasi teknologi bagi masyarakat pertanian.

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pertanian ada tiga (3) opsi yang bisa dilakukan pemerintah : (1) Subsidi dari devisa negara; (2) Pengaturan Kebijakan pembangunan ekonomi pertanian oleh pemerintah; dan (3) Teknologi. Item 1 dan 2 , sangat terbatas dan menyentuh aspek-aspek masyarakat yang dominan, namun item ke tiga yaitu aspek teknologi lebih luas dan berpengaruh langsung ke SDM pertanian seluruh lapisan dan dapat dinikmati secara agregat keseluruh lapisan masyarakat pertanian di Indonesia.

Oleh karena itu sektor pertanian hingga saat ini masih tetap memiliki peran strategis dalam pembangunan Nasional, baik bagi pertumbuhan ekonomi maupun pemerataan pembangunan. Sektor pertanian memberikan kontribusi yang sangat tinggi terhadap devisa negara dan menjadi pengatur stabilitas ekonomi serta pangan nasional. BPTP Jawa Barat bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) dan Fakultas Peternakan (FAPET) Universitas Padjadjaran pada tanggal 13 Agustus 2014 telah melaksanakan Seminar Nasional dengan tema ”Agro Inovasi Kreativitas Tiada Henti Untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Petani”. Makalah utama dan makalah lainnya yang telah dipresentasikan serta memenuhi syarat diterbitkan dan dipublikasikan dalam prosiding.

Kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh tim editor yang telah bekerja keras. Seperti kata pepatah tiada gading yang tak retak, pada kesempatan ini kami menyadari bahwa masih ada berbagai kekurangan, saran dan kritikan akan kami terima. Semoga buku ini dapat bermanfaat kepada para pembaca sekalian.