JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PERSEMAIAN SEHAT MENGGUNAKAN KAIN SIFON

  Beberapa sayuran harus disemai terlebih dahulu sebelum ditanam di lahan. Sebagian petani telah biasa membuat rumah kassa atau sungkup plastik untuk menyemai benih sayurannya (Gambar 1.). Bibit dalam persemaian yang biasa digunakan petani masih memiliki peluang besar terserang hama penyakit karena persemaian tidak tertutup sempurna. Oleh karena itu, Balitsa (Balai Penelitian Tanaman Sayuran) menciptakan teknologi persemaian yang disebut “Persemaian Sehat” dan BPTP Jawa Barat mengadopsi dengan sedikit penyesuaian di tingkat petani.

 

 width=

Persemaian sehat pada prinsipnya adalah mencegah apapun yang dapat mengganggu kesehatan tanaman masuk ke persemaian. Tanaman yang terserang hama penyakit sejak di persemaian memiliki peluang lebih besar untuk gagal panen bila dibandingkan jika tanaman terserang hama penyakit setelah ditanam di lapang. Bibit yang terserang virus kuning sejak persemaian dapat menyebabkan tanaman tidak sampai berbunga dan berbuah, sehingga gagal panen. Salah satu perbedaan paling mencolok dari persemaian sehat ialah penggunaan kain sifon di sekeliling rumah kassa sebagai dindingnya. Adanya kain sifon ini dapat menunda serangan virus kuning setelah tanaman berbunga, sehingga dapat berbuah dan dipanen.

Tinggi rumah sehat pada persemaian sehat dapat dibuat sekitar 1,5 m sampai 2 m. Pada bagian bawah rumah sehat dikelilingi oleh plastik setinggi 0.5 m untuk mencegah masuknya penyakit melalui cipratan air hujan. Sedangkan bagian tengah dinding rumah sehat ke atas dikelilingi oleh kain sifon. Bagian atap ditutup oleh plastik agar sinar matahari dapat masuk. Namun, pada daerah dataran rendah bagian atap harus ditambahkan paranet untuk mengurangi intensitas cahaya matahari agar suhu dalam persemaian tidak terlalu tinggi. Jika suhu dalam persemaian terlalu tinggi maka akan menyebabkan kematian bibit.

Pada pintu masuk rumah sehat, dipasang perangkap kuning sebagai indikator perangkap banyaknya hama yang terperangkap. Selain di pintu masuk rumah sehat, perangkap kuning dipasang di dekat meja persemaian setinggi bibit untuk memerangkap hama yang mendekati bibit tanaman. Meja persemaian dibuat setinggi pinggang manusia sekitar 1 m, untuk memudahkan pemeliharaan tanaman. Meja dapat dibuat dengan bambu atau kayu, sedangkan tempat persemaian juga dapat dibuat langsung di meja atau menggunakan tray plastik. Media semai merupakan campuran dari tanah, pupuk kandang, dan sekam bakar dengan perbandingan volume 1:1:1. Dalam campuran media tersebut, ditambahkan pupuk hayati granul. Saat pindah tanam, pupuk hayati dapat diberikan pada lubang tanam sebelum tanam.

          Gambar 3 Tampak Depan

Gambar 2. Tampak Samping                                                                                         Gambar 3 Tampak Depan

                                 

Ket gambar:

A: Atap dari plastik (tinggi: 0.5 m)

B: Kain sifon (tinggi: 1 m)

C: Plastik (tinggi: 0.5 m)

 

          
Gambar 4 Bibit Sehat                                                  Gambar 5. Bibit Setelah Dipindah Tanam

 

 

Keunggulan paket teknologi persemaian sehat ini ialah pertumbuhan tanaman lebih cepat 1-2 minggu daripada persemaian biasa pada daerah dataran tinggi akibat suhu yang lebih tinggi di rumah sehat. Selain Itu daya tumbuh benih lebih serempak. Keunggulan lain terletak pada serat kain sifon yang kecil. Serat kecil ini dapat menghalau kutu kebul yang merupakan vector dari virus kuning masuk dalam persemaian. (Meksy Dianawati, Ratna Sari, Atin Yulyatin)

 

 

Dipublikasikan oleh Humas BPTP Jabar/Niken