JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Workshop Pelaporan Hasil Verifikasi RTM Calon Penerima Dan RTL Program BEKERJA

Tahun 2019 menjadi tahun kedua dilaksanakannya Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera atau BEKERJA berbasis pertanian di Kab. Garut, Jawa Barat. Menyambut kegiatan ini, verifikasi data Rumah Tangga Miskin (RTM) menjadi hal pertama yang telah dilakukan BPTP Jawa Barat beserta seluruh Dinas, Camat dan Desa yang terlibat. Untuk itu, menindaklanjuti hal tersebut maka dilaksanakan Workshop Pelaporan Hasil Verifikasi RTM Calon Penerima Dan RTL Program BEKERJA di Ruang Rapat Setda Garut, pada Senin (04/02/19).

Kepala BPTP Jabar, Dr. Liferdi, membuka kegiatan ini dengan melaporkan pencapaian program BEKERJA 2018. “Di tahun 2018 telah didistribusikan bantuan Ayam Kampung DOC (ayam kampung berusia 1 hari-red) kepada 11.381 RTM. Ini kita support ayam lengkap dengan pakannya, karena ayam berumur 1 hari kita berikan kandang sementara / brooder, juga tempat pakan. Alhamdulillah di tahun 2019 keg berlanjut, yaitu untuk 12.670 RTM di lima kecamatan dengan jumlah ayam 633.500.” Jelas Beliau.

Bupati Garut, H.Rudy Gunawan, SH., MH., MP., menyambut hangat keberlanjutan program yang bertujuan mengentaskan kemiskinan ini. “Masalah kemiskinan adalah masalah yang harus diselesaikan lintas sektor, meskipun angka kemiskinan di kab Garut turun menjadi 9.28% dari jumlah penduduk, tetapi ini masih belum cukup untuk rata-rata kesejahteraan Jawa Barat. Maka tepat rasanya jika Kementerian Pertanian mengajak masyarakat miskin untuk melakukan usaha yang tidak hanya berskala mencukupi kebutuhan tetapi juga usaha berkelanjutan.” Ujar Bupati Garut yang dilanjutkan dengan ungkapan terima kasih kepada Kementerian Pertanian dan BPTP Jabar.

Pada kesempatan tersebut, Beliau juga mengajak sekitar 140 tamu undangan yang hadir, yang terdiri dari Asda 2 Kab. Garut, perwakilan Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Garut, Dinas Pertanian Kab. Garut, Dinas Sosial Kab. Garut, Dinas Ketahanan Pangan Kab. Garut, Camat dan Desa tempat penerima bantuan program BEKERJA, untuk bersama-sama mengingatkan RTM agar tidak terburu-buru menjual Ayam dan menguangkannya, karena tentu program ini bertujuan jangka panjang bukan sekedar bagi-bagi bantuan.

Selanjutnya Koordinator Program BPTP Jabar, Dr. Yanto yang menjabat sebagai pengarah perencanaan Program BEKERJA Garut bersama Kasie KSPP BPTP Jabar, Didit Rahadian, menyampaikan data verifikasi RTM dimana dari sekitar 13ribu data awal yang diterima, 12.670 RTM dinyatakan berhak menerima program BEKERJA 2019.

*Humas BPTP Jabar*