JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Berguru ke Instalasi Laboratorium Pascapanen Litbang Pertanian

Laboratorium BPTP Jabar kini sedang dalam tahap mengembangkan ruang lingkup mutu gabah dan beras, maka untuk mendalami hal tersebut dilakukan kunjungan ke Instalasi Laboratorium Pascapanen Litbang Pertanian yang berada di Kab. Karawang pada Selasa (16/10). Kehadiran Ibu Dian Histifarina beserta sekitar tujuh orang pengelola Lab lainnya ini disambut dengan hangat oleh Dr. Mulyana Hadipernata, S.TP, M.Sc, selaku Peneliti Madya sekaligus pimpinan pengelola Instalasi Laboratorium Pascapanen Litbang Pertanian.

Ibu Dian menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk mempelajari alat-alat yang digunakan dalam pengujian mutu beras dan mutu gabah. Selain itu juga mempelajari prosedur cara pengujian mutu beras dan mutu gabah. Kunjungan ini juga dilakukan atas dasar pertimbangan akan adanya penambahan alat baru terkait dengan pengujian mutu beras dan mutu gabah pada laboratorium pengujian mutu hasil yang ada di BPTP Jabar. Beberapa alat yang akan dibeli adalah milling unit, mini husker, mini polisher dan spektrofotometer.

Setelah mendengarkan maksud dan tujuan yang telah disampaikan, Bpk. Mulyana kemudian mengajak tim Lab. BPTP Jabar untuk berkeliling serta melihat langsung Laboratorium khusus pengujian beras yang menjadi salah satu bangunan di atas lahan seluas kurang lebih 2.5 ha. Tanya jawab dan diskusi mengenai alat dan perlengkapan Lab menjadi salah satu topik yang menarik. Pak Mulyana pun memberikan masukan untuk jenis alat yang digunakan, “baiknya ada rice grader, itu penting untuk memisahkan mutu beras kepala”.

Rencana kedepannya, BPTP Jabar akan mengadakan training khusus untuk lebih mendalami mengenai teknis pengelolaan tersebut. Hal ini tentu untuk menunjang pelayanan prima yang ingin diberikan terhadap masyarakat.

*Humas BPTP Jabar*