JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pertemuan sosialisasi hasil karakterisasi dan pendaftaran varietas lokal tanaman buah spesifik lokasi

Pertemuan sosialisasi hasil karakterisasi dan pendaftaran varietas lokal tanaman buah spesifik lokasi Kabupaten Ciamis (Duku Ciamis dan Durian Kalijaya) serta upaya percepatan pendaftaran dan perlindungan varietas lokal sebagai sumber daya genetik (SDG) di Jawa Barat.

Pertemuan dihadiri oleh para kepala UPTD dan Koordinator Penyuluh se-Kabupaten Ciamis (50 orang), dipimpin oleh Kepala Bidang Produksi Hortikultura (Ir. Sulastini) dan beberapa staf Bidang Produksi Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis.

Materi yang disampaikan terdiri atas (a) Peran Pemerintah Daerah dalam Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Genetik (SDG) dan (b) Prosedur Pendaftaran Varietas Lokal Hortikultura.

Hasil diskusi dan pembahasan pertemuan sosialisasi hasil karakterisasi dan pendaftaran varietas lokal tanaman buah spesifik lokasi Kabupaten Ciamis (Duku Ciamis dan Durian Kalijaya) serta upaya percepatan pendaftaran dan perlindungan varietas lokal sebagai sumber daya genetik (SDG) di Jawa Barat, sebagai berikut :

Kabupaten Ciamis memiliki varietas lokal tanaman buah durian dengan keunikan tersendiri, seperti yang terdapat di Kecamatan Ciamis dan Kecamatan Banjaranyar. Hasil karakterisasi dan pendaftaran varietas telah dilakukan pada beberapa waktu yang lalu dan dokumen pendaftaran varietas telah ditandatangani oleh Pjs. Bupati Ciamis (Ir. Deddi Mulyadi) dan dokumen tersebut telah dikirimkan kepada Bidang Pendaftaran Varietas, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Jakarta pada tanggal 25 April 2018.  Durian Si Roti dikenal sejak akhir Tahun 1980-an. Merupakan salah satu varietas durian yang diunggulkan di Kabupaten Ciamis dan menjadi juara pada acara Festival Durian di Kabupaten Ciamis pada Tahun 2017. Durian Roti atau Si Roti merupakan salah satu sumber daya genetik tanaman buah lokal unggulan Kabupaten Ciamis. Pohon tumbuh di wilayah Desa Kalijaya, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis dengan ketinggian tempat 205 m dpl. Materi pohon dan buah yang diamati milik Bapak Ujang Darsono. Keunggulan varietas durian ini, antara lain tekstur buah halus dan pulen, rasa enak dan manis, daging buah agak tebal, warna daging buah kekuningan, jumlah buah per pohon relatif banyak, yaitu berkisar 500-800 buah per pohon.

Kabupaten Ciamis memiliki varietas lokal buah duku dengan produksi yang cukup besar dan kualitas rasanya tidak kalah dengan duku Palembang, yaitu berasal dari Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeungjing. Hasil karakterisasi dan dokumen pendaftaran varietas telah disusun, ditandatangani Oleh Pjs. Bupati Ciamis (Ir. Deddi Mulyadi) serta dokumen tersebut telah dikirimkan kepada Bidang Pendaftaran Varietas, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Jakarta pada tanggal 25 April 2018. Duku Cililitan adalah varietas lokal tanaman buah spesifik lokasi yang berasal dari Dusun Cililitan, Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis dengan ketinggian tempat 188-225 m dpl. Materi yang diamati diperoleh dari seorang petani pemilik kebun duku bernama Bapak Awan Kartiwan (Ketua Kelompok Tani Harapan Makmur) di Dusun Cililitan, Desa Karanganyar, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Keunggulan varietas duku ini, antara lain tekstur  buah halus, juicy, rasa enak dan manis, kulit buah tipis, buah yang telah masak tidak mudah pecah, dan agak tahan dalam transportasi/pengangkutan (tidak mudah busuk)

  1. Data pengamatan morfologis tanaman (karakterisasi) berikut tatacara penyajian grafis (foto-foto) yang dapat menjelaskan karakteristik varietas lokal tersebut telah disampikan dengan harapan, apabila para petugas pertanian, baik dari UPTD maupun penyuluh di masing-masing wilayah (kecamatan) ingin melakukan karakterisasi sudah dapat dilaksanakan.
  2. Di Kabupaten Ciamis teridentifikasi SDG lainnya yang perlu ditindaklanjuti untuk dikarakterisasi dan didaftarkan, antara lain : (a) Tanaman buah “Jeruk Besar” asal Kecamatan Panjalu, (b) Tanaman pangan ubi jalar “Boled Tabraya” dari Kecamatan Panjalu, (c) Tanaman rempah dan obat “Kapolaga Hanjatan” dari Kec. Panjalu, (d) Beberapa aksesi “Durian Banteng” dari Kec. Ciamis, (e) tanaman buah “Duku Baregbeg” dari Kec. Baregbeg, (f) Tanaman buah “Manggis Sukamaju” dari Desa Sukamaju, Kec. Baregbeg, dan (g) Tanaman buah “Nangka Emas” dari Kec. Baregbeg.