JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Launching "Bekerja (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera)"

Cianjur, 23/04/2018 Bertempat di Desa Cikancana Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka langsung acara launching BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang merupakan salah satu program nawacita Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia, program ini diharapkan dapat menjadi solusi permanen dalam upaya  pengentasan kemiskinan khususnya di desa.

Kementerian Pertanian meluncurkan  program inovatif BEKERJA yang menyasar tiga target yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, target tersebut berdasarkan komoditas yang dibagikan kemasyarakat, seperti bibit hortikultura benih peternakan dan benih perkebunan.

Target jangka pendek berupa tanaman hortikultura seperti sayuran, target jangka menengah berupa komoditas ternak seperti kambing dan ayam KUB (kampung unggul balitbangtan) yang bisa dipanen dalam enam bulan, sedangkan target jangka panjang kementerian pertanian memberikan produk perkebunan seperti durian.

Menteri Amran mengatakan bahwa di Kabupaten Cianjur ada sebanyak 273 Kepala Keluarga (KK) petani pra sejahtera, untuk jangka menengah kami memberikan bantuan 10 ribu ekor ayam kepada petani di daerah ini dan pakannya akan dibiayai oleh pemerintah, sementara untuk jangka panjang benih durian menjadi solusi untuk daerah ini karena cocok dengan petani daerah tersebut tegasnya.

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat ikut berperan dalam program BEKERJA ini seperti Pengembangan (KRPL) Kawasan Rumah Pangan Lestari di wilayah Kabupaten Cianjur tersebut.