JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Penyerahan TTP Cikajang dari Badan Litbang Pertanian kepada Pemerintah Kabupaten Garut

Garut, 12 Februari 2018. Acara dilaksanakan di aula utama TTP Cikajang pada tanggal 12 Februari 2018. Kegaiatan yang secara langsung dihadiri oleh Bupati Garut H. Rudy Gunawan, S.H., M.H., MP., Kepala BPTP Jawa Barat Dr. Liferdi, SP, M.Si, Balitnak Balitbangtan, Dekan Pertanian UNPAD dan UNIGA dan Dekan TIP UNPAD, jajaran SKPD Kabupaten Garut, Pengelola TTP Cikajang, dan petani setempat.

Dalam laporannya, Ir. Sukmaya, M.Si menjelaskan bahwa semenjak berdiri pada tahun 2015, TTP Cikajang selalu berusaha menghadirkan inovasi teknologi sayuran dataran tinggi yang bermanfaat bagi masyarakat, dan harapannya kedepan setelah alih pengelolaan fungsi TTP Cikajang ini akan tetap menjadi sumber inovasi teknologi sayuran dataran tinggi. Semenjak tahun 2015 hingga 2017, sudah banyak sarana dan prasarana yang dibangun oleh BPTP Jawa Barat selaku perwakilan Kementerian Pertanian, dan InsyaAllah berada dalam kondisi baik ketika diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian, Kepala BPTP Jawa Barat, Dr. Liferdi, SP, M.Si. beliau menjelaskan tentang keberadaan TTP cikajang ini yang pada intinya untuk mensejahterakan petani sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Produk petani mampu bersaing dengan produk impor di kancah global karena sudah mengadopsi inovasi teknologi yang ada di TTP. Dr. Liferdi juga berharap agar TTP kedepan dikelola secara proporsional dan lebih baik lg dgn memanfaatkan semua potensi antara lain sbg agrowisata.

Sementara itu di lokasi yang sama, Bupati Kab. Garut H. Rudy Gunawan, S.H, M.H., MP. "Mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pertanian, Badan Litbang Pertankan yang diwakili oleh Kepala BPTP Jawa Barat Dr. Liferdi karena pada hari ini Kita (Pemda) menerima Taman Teknologi Pertanian (TTP) dari Kementerian Pertanian.

Kedepannya, beliau akan fokus di bidang pertanian untuk mensejahterakan Petani khususnya di Kab. Garut. Karena TTP ini tempat berkumpulnya orang-orang yang berkompeten dalam bidang pertanian seperti BPTP dan UNPAD. Tentu saya berharap Petani tidak perlu rendah diri lagi yang diakibatkan kurangnya pengetahuan teknologi. Kami akan mendukung penuh untuk melanjutkan apa yang sudah dilakukan BPTP dan Insyaa Allah kami akan menganggarkan untuk seluruh fasilitas dan kebutuhan petani khususynya di Kab. Garut. Bupati yakin, kedepannya TTP ini akan lebih baik lagi dengan pengelolaan yang proporsional dalam bentuk BLUD. Untuk menjamin keberlanjutan TTP kedepan, Bupati berharap tetap dikawal oleh BPTP. Tindak lanjut dari komitmen ini dilakukan perjanjian kerjasama antara Pemda Kab. Garut dgn BPTP Jawa Barat serta perguruan tinggi UNPAD dan UNIGA.

Humas BPTP Balitbangtan Jawa Barat