JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Temu Lapang Persiapan Penyerahan TTP (Taman Teknologi Pertanian) Sedong ke Pemda Kab. Cirebon

Cirebon, 21/12/2017, Acara dilaksanakan di Gedung TTP Sedong Kab. Cirebon yang dihadiri oleh Kepala BPTP Balitbangtan Jawa Barat, Kepala Bidang Dinas Pertanian Kab Cirebon, Kepala Balai Penelitian Ternak, BB Litvet, Manajer TTP Sedong, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Swadaya Gunung Djati Cirebon, Kapolsek Kec. Sedong, Sekretaris Camat Kec. Sedong, Kepala Desa Se Kec. Sedong, Para Petani dan Peternak di wilayah Kec. Sedong.

Acara diawali laporan dari penanggung jawab TTP Sedong Drs. Agus Nurawan, MP yang menjelaskan terkait dengan pendirian TTP Sedong akhir tahun 2015 dan rencananya Januari Thn. 2018 akan diserahkan kepada pemerintah daerah. Beliau menyampaikan keberhasilan TTP Sedong yang sekarang sudah dipenuhi Perbenihan buah-buahan antara lain pepaya merah delima yang sebanyak 25 ribu bibit melalui CPCL dari Dinas Pertanian Kab. Cirebon yang akan diserahkan ke 5 Kecamatan di Kab. Cirebon. Benih mangga juga ribuan. Selain itu buah naga sudah mulai panen, mangga sudah ada yang berbunga. Kelembagaan penangkar benih padi juga sudah terbentuk.

Dalam bidang peternakan, domba agrinak sudah berkembang di masyarakat, dan sapi sebagian besar sudah bunting serta ayam KUB juga mulai dikembangkan di TTP Sedong. Selain itu RMU juga sudah dapat beroperasi yang diharapkan bisa menghasilkan beras premium.

Kepala Balitnak Dr. Soeharsono, S.Pt, M.Si menjelaskan bahwa Taman Teknologi haruslah menjadi harapan kita semua, serta TTP Sedong benar-benar bisa di manfaatkan, yang nilai manfaatnya tidak hanya dari nilai outputnya saja tetapi Diseminasi yang bisa dihidupkan dari hulu sampai ke hilir. Beliau juga menyampaikan bahwa TTP Sedong juga harus menjadi ajang silaturrahim bagi kita semua.

Manajer TTP Sedong Bpk. Memet Sulaiman mennyampaikan harapannya, bahwa dalam penyerahan TTP Sedong ke Pemerintah Daerah bisa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak agar dapat maju dan menjadi satu tujuan.

Kepala BPTP Balitbangtan Jawa Barat Dr. Liferdi, SP, M.Si menjelaskan tentang arah pembangunan TTP Sedong, beliau juga menjelaskan bahwa TTP Sedong ini adalah milik bersama dan jadikanlah TTP Sedong sebagai wadah sarana pendidikan, pelatihan serta manfaat kan semaksimal mungkin fasilitas-fasilitas di TTP Sedong, semoga dengan diserahkannya TTP Sedong ke Pemerintah daerah menjadi lebih baik untuk Kemajuan TTP Sedong dan menjadi lebih bermanfaat bagi segala pihak untuk kedepannya tegasnya. Badan Litbang pertanian sudah membangunkan sarana prasarana dan juga sudah merintis, mempersiapkan agar TTP bisa mendiri dan berkembang dimasa depan.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kab. Cirebon Ir. Fitri Nurliasari memaparkan terkait rancangan program dari Dinas Pertanian untuk TTP Sedong di Tahun 2018 seperti pembiayaan Pengembangan Kawasan Mangga, Pembangunan satu paket Jaringan Irigasi serta Jasa Konsultan untuk Varietas-varietas unggul.

Acara diakhiri dengan penyerahan benih pepaya merah delima dari Kepala BPTP Balitbangtan Jawa Barat ke Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kab. Cirebon sebagai simbol Balibangtan sudah menyiapkan cikal bakal inovasi teknologi di TTP yang harus dirawat dan dikembangkan.
Serta acara dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke kegiatan-kegiatan yang ada di TTP Sedong.

Humas BPTP Balitbangtan Jawa Barat