JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Program Pengendalian OPT Wereng Batang Coklat (WBC) di Kabupaten Subang

Dalam mengantisipasi adanya serangan OPT khususnya Wereng Batang Coklat yang berdampak terhadap Kerdil Rumput dan Kerdil Hampa oleh karena itu dilakukan Gerakan pengendalian bersama-sama anggota kelompok tani Karya Mekar secara serempak di Desa Segalaherang Kaler dan Sukamandi Kec. Segalaherang – Kab. Subang, Pelaksanaan gerakan bersama anggota kelompok tani, ketua kelompok tani, Ketua Gapoktan, POPT, UPTD, Penyuluh dan Babinsa Kecamatan Segalaherang yang berjumlah+ 40 orang. Pada acara tersebut dilakukan bimbingan teknologi tentang penggunaan pestisida yang digunakan untuk hama WBC yang menyerang dengan populasi 25 ekor/rumpun. Kegiatan tersebut merupakan tindakan serempak agar WBC tidak menyebar dan berdampak pada kerdil rumput/hampa.

Kelompok tani Karya Mekar Desa Segala herang Kaler dan Peuteut Gede Desa Sukamandi Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang dengan kriteria serangan OPT WBC kerdil rumput intensitas serangan ringan dengan populasi 25 ekor/rumpun, musuh alami laba-laba, varietas yang ditanam Ciherang dengan umur 30 – 60 HST, jenis pengendalian dengan menggunakan Starfidor 5 WP. Pengendalian akan terus dilakukan oleh petani dalam rangka mewasdai adanya dampak kerdil hampa dan kerdil rumput. Luas pengendaliannya diperkirakan 40 ha pada 2 Desa di Kecamatan Segalaherang.

Gerakan pengendalian OPT WBC dikelompok tani JasaTirta secara serempak di Desa Dukuh Kec.Ciasem – Kab. Subang, Pelaksanaan gerakan bersama anggota kelompok tani, ketua kelompok tani, Ketua Gapoktan, POPT, UPTD, Penyuluh dan Babinsa Kecamatan Ciasem yang berjumlah + 30 orang.

Kelompok tani jasa Tirta Desa Dukuh Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang dengan kriteria serangan OPT WBC kerdil rumput intensitas serangan ringan dengan populasi 21 -23ekor/rumpun, musuh alami laba-laba dan Tomcat, varietas yang ditanam Ciherang dengan umur40 – 55 HST, jenis pengendalian dengan menggunakan Bassa 500 EC dan BA.BPMC 480 g/liter. Pengendalian akan terus dilakukan oleh petani dalam rangka mewasdai adanya dampak kerdil hampa dan kerdil rumput. Luas pengendaliannya diperkirakan 30 ha dan luas serangan 6 ha.Kondisi tanaman padi aman karena OPT masih dapat dikendalikan. Rencana Tindak lanjut dengan pengamatan berkala.