JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Field Trip Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Penyuluhan Pembangunan IPB di BPTP Jawa Barat

Hari Jum’at (16/12/2016), BPTP Jawa Barat menerima Field Trip Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Penyuluhan Pembangunan Institut Pertanian Bogor (IPB). Rombongan terdiri dari 24 orang mahasiswa Pascasarjana dan dipimpin ketua Program Studi  Ilmu Penyuluhan Pembangunan, Dr. Ir. Dwi Sadono, M.Si.  Rombongan diterima oleh Ke[ala BPTP Jawa Barat, Dr. Liferdi Likman, SP, M.Si didampingi para Ketua Kelji, Koordinator Penyuluh, Koordinator Peneliti, Staf KSPP dan penyuluh senior BPTP Jawa Barat.

Dr. Dwi Sadono, M.Si mengungkapkan bahwa Filed Trip dilakukan agar mahasiswa mampu memahami dan memperoleh gambaran umum kondisi lapangan penyuluhan pertanian, meliputi sistem penyuluhan, pendidikan orang dewasa, pengembangan SDM khususnya di Jawa Barat. Kepala BPTP Jawa Barat dalam sambutannya menjelaskan bahwa salah satu tupoksi BPTP adalah menghasilkan inovasi teknologi spesifik lokasi, sehingga BPTP menjadi ujung tombak Badan Litbang Pertanian dalam diseminasi inovasi teknologi pertanian kepada petani dan stakeholder terkait. Hal tersebut memerlukan peran penyuluh pertanian. Beberapa strategi yang dilakukan BPTP Jawa Barat diantaranya :

  • Penempatan penyuluh/peneliti BPTP sebagai LO di setiap kabupaten/kota di Jawa Barat.
  • Pemanfaatan P4S sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan informasi inovasi pertanian kepada masyarakat tani, PPL dan penyluh swadaya.
  • Diseminasi inovasi teknologi melalui wadah Taman Teknologi Pertanian (TTP) Cikajang di Garut dengan fokus kooditas utama kentang var. Medians dan TTP Sedong di Cirebon dengan fokus komoditas utama mangga Gedong Gincu.

Beberapa hal yang menjadi topik diskusi diantaranya : succes story BPTP jawa barat dalam perakitan dan diseminasi teknologi Jajar Legowo sehingga menjadi program nasional, berbagai rekomendasi teknologi sebagai tolak ukur keberhasilan penyuluhan yang bersifat spesifik lokasi, identifikasi kebutuhan teknologi petani di Jawa Barat, kiat meningkatkan motivasi petani dalam berusaha tani, dan stategi BPTP Jawa Barat menghadapi berlakunya UU Nomor 23 Tahun 2014. Diskusi dilanjutkan dengan penyerahan materi diseminasi tercetak dari BPTP Jawa Barat dan cindera mata dari IPB. Acara diakhiri dengan kunjungan mahasiswa ke beberapa kegiatan percontohan (visitor plot) di lingkungan kantor BPTP Jawa Barat.