JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

PAMERAN ANEKA PRODUK OLAHAN PANGAN ALTERNATIF MENDUKUNG DIVERSIFIKASI PANGAN NASIONAL

Undang-undang Nomor 18/2012 tentang pangan menjelaskan bahwa diversifikasi (Penganeka-ragaman) vangan adalah upaya peningkatan ketersediaan dan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan berbasis pada potensi sumber daya lokal. Pada Pasal 41 dinyatakan bahwa salah satu tujuan diversifikasi pangan adalah untuk memenuhi pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman.

Upaya pencapaian diversifikasi pangan memerlukan dukungan berbagai komponen. Nainggolan (2003) mengidentifikasi adanya 4 (empat) aspek kunci diversifikasi, yang salah satunya adalah ketersediaan bahan pangan non-beras dengan kandungan gizi yang baik, yang didukung dengan kemudahan proses pengolahan, dan kemudahan mendapatkannya. Dengan demikian, beragam tanaman sumber karbohidrat alternatif (nonberas) sangat potensial untuk dikembangkan menunjang program diversifikasi pangan nasional.

Dalam rangka mendukung pencapaian diversifikasi pangan BPTP Jawa Barat bekerjasama dengan Balai Besar Pasca Panen, sebagai bagian dari Balitbangtan, menggelar pameran aneka produk olahan pangan altenatif di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung tanggal 21 Juli 2016. Acara ini digelar bersamaan dengan Sidang Promosi Doktor Bapak. E. Erman Khaeron (anggota Komisi IV DPR RI), yang mengambil judul “Model Pengembangan Diversifikasi Pangan dalam Mendukung Ketahanan Pangan Nasional”.

Pameran menampilkan aneka olahan pangan berbasis sumber pangan alternatif, hasil inovasi BPTP Jawa Barat lengkap dengan media diseminasi tercetak (leaflet dan brosur). Semua  produk olahan tersebut merupakan produksi  kelompok tani dan kelompok wanita tani binaan BPTP Jawa Barat yaitu Gapoktan TTP Cikajang, KWT Tunas Harapan II, KWT Mekar Bersama, dan Kelompok Tani Tri Dara Mulia Ciamis.

Disamping itu, juga ditampilkan beberapa mesin pengolahan pasca panen dari TTP Cikajang Garut.

 

 

 

Produk olahan yang ditampilkan meliputi:

  1. produk olahan berbasis kentang yaitu opak kentang, stik kentang, brownies kentang, dan keripik kentang)
  2. produk olahan berbasis ubi cilembu/ubi madu yaitu kremes ubi madu dan stick ubi madu
  3. produk olahan berbasis ganyong yaitu stick ganyong
  4. produk olahan berbasis hanjeli yaitu bolu hanjeli
  5. produk olahan berbasis ketan yaitu opak ketan
  6. produk olahan berbasis buah yaitu manisan pepaya

Pameran  mendapat apresiasi dan sambutan positif dari pengunjung antara lain: Menteri Pertanian, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Direktur Serealia, Kepala Badan Karantina,  pejabat lingkup Kementerian Pertanian, Anggota DPR RI, akademisi, maupun masyarakat umum yang hadir dalam acara tersebut.