JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Sinergi Berbagai Pihak Dorong Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal Mangga Karawang

Sobat Tani, Tim Gabungan yang terdiri dari berbagai Unit Kerja bidang Pertanian bersinergi untuk terus mendorong Percepatan Pendaftaran Varietas Lokal Tanaman Mangga di Kabupaten Karawang.

Tim Gabungan tersebut yakni Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jabar, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Sub Bidang Pendaftaran Varietas Lokal Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP), dan Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kab. Karawang. Bekerja sama dengan petani dan penangkar bibit tanaman buah Kab. Karawang, Tim Gabungan ini telah melakukan identifikasi dan karakterisasi (pengamatan sifat morfologis dan agronomis) selama dua hari, 15 – 16 Oktober 2019.

Berlokasi di Kec. Talagasari dan Kec. Karawang Timur, tahap selanjutnya setelah identifikasi dan karakterisasi selesai yakni dilakukan penyusunan dokumen pendaftaran varietas lokal tanaman untuk kemudian ditandatangani oleh Bupati Karawang.  Setelah itu pendaftaran varietas melalui jalur online ke Pusat PVTPP dapat dilaksanakan. Jika semua persyaratan telah terpenuhi,  maka selanjutnya menunggu keluarnya sertifikat tanda daftar varietas.

Mengapa Pendaftaran Varietas penting?

Dalam UU No 29 Tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman dan PP No. 13 Tahun 2004 tentang Penamaan, Pendaftaran, dan Penggunaan Varietas Asal untuk Pembuatan Varietas Turunan Esensial yang menyebutkan bahwa :

(1) Varietas Lokal adalah milik masyarakat dikuasai oleh Negara dan dilaksanakan oleh pemerintah dan pemerintah berkewajiban memberikan penamaan dan pendaftaran terhadap varietas lokal, (2) Varietas Asal untuk menghasilkan Varietas Turunan Esensial (VTE) terlebih dahulu harus diberi nama dan didaftarkan oleh pemerintah, dan (3) Ketentuan penamaan, pendaftaran Varietas Lokal dan Hasil Pemuliaan diatur oleh Peraturan Menteri Pertanian No. 01/Pert/SR.120/2006 tentang Syarat Penamaan dan Tata Cara Pendaftaran Varietas Tanaman.

Adapun tujuan dan manfaat pendaftaran varietas lokal adalah (1) memberikan kejelasan Nama suatu Varietas, Deskripsi, Sebaran Geografis dan Pemilik Varietas, (2) adanya database Varietas Lokal pada Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) akan mempermudah upaya Pelestarian dan Pemanfaatan Plasma Nutfah (Sumber Daya Genetik) oleh berbagai pihak yang tersebar di Indonesia, (3) apabila Varietas Lokal yang telah didaftarakan pada Pusat PVTPP dimanfaatkan oleh pihak lain untuk membuat VTE dan VTE tersebut diajukan Hak PVT, maka pihak lain tersebut harus meminta izin kepada pemilik varietas dan pemilik varietas dapat memperoleh manfaat ekonomi dari penggunaan tersebut, dan (4) apabila ada penggunaan material genetik yang berasal dari Varietas Lokal yang belum terdaftar di Pusat PVTPP, maka tidak dapat mengklaim sebagai pemilik varietas karena tidak memiliki legal aspect atau bukti secara hukum dari Pusat PVTPP, kecuali Varietas hasil pemuliaan yang telah memperoleh Hak PVT.

Hasil Identifikasi Tim Gabungan

Identifikasi dan karakterisasi dilakukan secara bersama-sama yakni oleh Tim Pelaksana Kegiatan Sumber Daya Genetik (SDG) BPTP Jawa Barat, Lembang (Drs. M. Iskandar Ishaq, MP., Atin Yulyatin, SP., dan Fyannita Perdhana, SP.), Tim Pelaksana Kegiatan SDG Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Bogor (Ir. Rita Indrasti, M.Si., dan Ir. Siti Sehat Tan, M.Si.),  Staf Sub Bidang Pendaftaran Varietas Lokal dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) yakni Aty Patrioza, S.Sos., Asep Saprudin, SP. (Kepala Seksi Buah, Bidang Hortikultura) dan Didik Purnamadika, SP. (Staf Bidang Hortikultura), Dinas Pertanian Kabupaten Karawang dan petani dan penangkar bibit tanaman buah Kabupaten Karawang  (Wawan Kustiawan, S.TP., Mulyana Warin Dirwarna, dan Sakudin).  

Hasil identifikasi di Kab. Karawang terdapat tujuh varietas lokal mangga, yakni Kio Jay, Kio Sawey, Yuwen, Pelangi, Gajah, Mahatir dan Red Ivory, tetapi baru empat varietas  yang sudah dikarakterisasi baru yaitu varieta Kio Jay, Kio Sawey, Yuwen dan Pelangi. Masing-masing varietas memiliki keunggulan dan karakter unik, diantaranya Varietas Kio Jay, Kio Sawey, Yuwen, Pelangi dan Gajah. Namun demikian pada saat kunjungan lapang Varietas Gajah sudah tidak berbuah. Karakteristik pembeda buah mangga sebagai berikut :

  1. Kio Jay : bentuk buah panjang dengan ujung meruncing; bobot buah 350-2100 g (rata-rata 500 g per buah); warna kulit buah muda hijau agak tua; warna kulit buah masak kuning-oranye; rasa manis; tekstur serat daging buah halus; warna daging buah masak kuning; harga jual di pasaran lokal Rp 25.000-30.000,- per kg).
  2. Kio Sawey : bentuk buah panjang bagian ujung melengkung; bobot buah 130-380 g (rata-rata 200 g per  buah); warna kulit buah muda hijau tua; warna kulit buah masak kuning muda; rasa manis; tekstur serat daging buah halus; warna daging buah masak kuning muda; buah muda tidak berasa masam.
  3. Yuwen : bentuk buah bulat (bundar) dengan tangkai buah panjang; bobot buah 700-2000 g (rata-rata 1300 g per  buah); warna kulit buah muda hijau muda; pada pangkal buah terkadang terdapat warna semburat merah (pink); warna kulit buah masak kuning; rasa manis; tekstur serat daging buah agak kasar; warna daging buah masak kuning. 
  4. Pelangi : bentuk buah panjang bagian ujung melengkung; bobot buah 150-800 g (rata-rata 350 g per  buah); warna kulit buah muda hijau tua; pada pangkal buah berwarna merah tua; warna kulit buah masak kuning-oranye; rasa manis; tekstur serat daging buah agak halus; warna daging buah masak kuning.

Tertarik mengetahui lebih banyak karakteristik varietas lokal mangga yang telah disebutkan? Sobat Tani dapat menghubungi BPTP Jawa Barat.

Cara Melakukan Pendaftaran Varietas Lokal

Jika Sobat Tani, petani maupun masyarakat umum memiliki varietas lokal dan ingin melakukan pendaftaran varietas dapat menghubungi Dinas Pertanian atau BPSB setempat atau melalui BPTP Jawa Barat.

     

 

Ditulis oleh : M. Iskandar Ishaq dan Niken Resti Pratiwi

Dapatkan informasi menarik lainnya, melalui :
Website: jabar.litbang.pertanian.go.id / jabar.bptpnews.id
Instagram & Twitter : @bptpjawabarat
Facebook : BPTP Balitbangtang Jabar
Youtube : BPTPJawaBarat

Humas BPTP Balitbangtan Jabar