JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kunjungan Santriwati Ponpes Persis 50 Lembang di BPTP Jabar

Sobat Tani, siang tadi BPTP Jabar mendapat kunjungan dari 45 santriwati Kelas 9 Pondok Pesantren Persis 50 Lembang. Selaku pendamping, Ibu Iseu Lilis Hendrayani menyampaikan bahwa kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk menambah wawasan, tetapi untuk bekal para santriwati memanfaatkan lahan pesantren.

"Di pesantren punya lahan luas cuma mungkin secara bertahap akan habis nantinya, jadi untuk memanfaatkan lahan yang ada, santri perlu belajar pertanian," ujar Ibu Iseu.

Tantangan lahan yang sempit, dijawab oleh BPTP Jabar dengan berbagai tampilan Obor Pangan Lestari (Opal)/ Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yang memanfaatkan area lahan terbatas untuk bercocok tanam. Bpk Wawan Wahyudin, sebagai pengelola Taman Agro Inovasi, menerangkan bahwa kini tak perlu takut lahan sempit. "Sekarang dengan teknologi, menanam bisa dengan berbagai media tanam selain tanah, disini bisa dilihat Ada hidroponik, ada juga aquaponik," terang Pak Wawan sambil mengajak para santriwati berkeliling.

Para santriwati tampak begitu antusias, sesekali Pak Wawan melemparkan pertanyaan berhadiah bibit tanaman, yang kemudian dijawab berebut oleh santriwati.

Kunjungan kemudian ditutup dengan pemberian tanaman, brosur dan hasil Litkaji.