JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mahasiswa Politeknik Negeri Lampung Pelajari Turiman di Sumedang

Tiga mahasiswa asal Politeknik Negeri Lampung yang tengah menjalankan PKL di BPTP Jabar mengunjungi Desa Ujung Jaya, Sumedang, guna mempelajari lebih dalam penerapan Teknologi Budidaya Tumpang Sari Tanaman (Turiman). Ketiganya adalah M. Adil, Shela Dewi Damayana dan Ayu Kasiah Ningsih.

Komoditas tanaman pangan pada lahan kering yang terdapat di lokasi tersebut diantaranya padi gogo, kacang kedelai, kacang hijau, jagung dan kacang tanah. Berada dibawah bimbingan peneliti BPTP Jabar, Dr. Yanto Surdianto, ketiga mahasiswa tersebut berupaya memahami penelitian mengenai Indeks Pertanaman (IP) yang dilakukan setiap dua minggu sekali.

"Jadi disini ada beberapa perlakuan yang dilakukan, tujuannya untuk meningkatkan produktivitas hasil, karena biasanya di lahan kering hanya setahun sekali ditanam, dengan teknologi pembuatan 5 sumur buatan, dengan sistem pengairan dengan sprinkel dan diesel, diharapkan petani bisa memanfaatkan lahan lebih dari setahun sekali" terang Shela, salah satu mahasiswa PKL, saat ditanya mengenai apa yang dipelajari ketika studi lapangan.