JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Pendampingan Seleksi/Rouging dan Kinerja Kelembagaan Pada Kelompotani di Kab. Subang

Kab. Subang merupakan lokasi pengembangan kegiatan Sekolah Lapang Kedaulatan Pangan Mendukung Swasembada Pangan Terintegrasi Desa Mandiri Benih Kedelai Tahun 2019.

Kelompoktani Jaya Mulya Sari, Ds. Cidadap, Kec. Pagaden Barat, merupakan salah satu kelompok di Kab. Subang yang mendapat program seribu desa mandiri Benih (SDMB) komoditas kedelai.

BPTP Jawa Barat, melalui kegiatan SL Mandiri Benih, melakukan pendampingan Teknis Produksi Benih Kedelai dan Kelembagaan Kelompoktani.

Pendampingan Teknis Produksi Benih Kedelai yang dilakukan yaitu pelatihan seleksi/roguing. Dalam pelaksanaannya setiap Penangkar harus melakukan 3 kali roguing dalam satu periode tanaman, diantaranya Fase Vegetatif, Fase Berbunga, dan Fase Masak. Ketiga fase tersebut wajib dilaksanakan supaya kemurnian benih terjaga. Tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan petani, penangkar, dan petugas.

Pembinaan kelompok dilakukan dengan mengikat kepengurusan dalam Struktur Organisasi dan pemahaman pengurus kepada tugas masing-masing. Harapan dari pendampingan ini supaya kelembagaan kelompoktani dapat berjalan dengan sendirinya untuk keberlanjutan penangkaran benih kedelai yang bermutu tanpa adanya program pemerintah.