JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

MONITORING PROGRAM BEKERJA KEC. CIKAJANG GARUT

Guna memastikan keberlangsungan program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) di wilayah Kec. Cikajang, Kab. Garut berjalan baik, BPTP Jawa Barat bersama para petugas kecamatan terkait melaksanakan monitoring selama dua hari, Selasa – Rabu, 3 – 4 Sep 2019. Monitoring dari program yang menyasar Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) ini dilaksanakan dengan mengunjungi Desa penerima manfaat, yakni Desa Cibodas, Desa Giriawas, Desa Cikajang, Desa Padasuka, Desa Cipangramatan, dan Desa Karamatwangi, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat.

Bentuk monitoring yang dilakukan yaitu pengamatan dan wawancara langsung terhadap RTMP. Terlibat dalam kegiatan ini yakni Bpk. Setiawan dan Bpk Ali sebagai perwakilan BPTP Jabar dan dari Kec. Cikajang, Ibu Ida, Ibu Tina, Ibu Ike, Bpk Hendra, dan Bpk Soni.

Hasil dari monitoring tersebut dapat disimpulkan bahwa Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) yang diberikan kepada RTMP melalui Program Bekerja kini rata-rata memasuki persiapan fase dewasa. Artinya ayam tengah bersiap untuk bertelur. Sementara permasalahan yang dihadapi umumnya terkait sanitasi kandang yang belum terkelola secara baik. Beberapa RTMP masih perlu penataan kandang agar kondisi kendang dapat sesuai dengan perkembangan fisik ayam. Selain itu, permasalahan krusial lainnya adalah kesiapan RTMP menghadapi kebutuhan pakan ayam di usia dewasa. Hal ini karena RTMP dituntut untuk mandiri dalam menyiapkan pakan setelah bantuan droping pakan berakhir. Ketersediaan informasi mengenai sumber penyedia pakan dengan harga terjangkau sangat dibutuhkan RTMP, begitu pun dengan pembinaan untuk membangun jiwa entrepreneurship.

Tindak lanjut dari monitoring ini akan dikaji lebih dalam oleh BPTP Jabar bersama pihak terkait agar program Bekerja dapat mencapai tujuannya yakni meningkatkan taraf hidup RTMP.