JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Mengubah Limbah Peternakan (Urine) Menjadi Pupuk Organik Cair Biourine

BPTP Jawa Barat pada Jumat, 30 Agts 2019 lalu memberikan kegiatan pendampingan terhadap Poktan Tani Mulya, Desa Marga Mulya, Kec. Pasir Jambu, Kab Bandung melalui Bimtek Pemanfaatan Limbah Peternakan (Urine) Menjadi Pupuk Organik Cair Biourine. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat limbah perternakan sekaligus meningkatkan kesuburan tanaman teh rakyat yang merupakan komoditi utama poktan Tani Mulya. Limbah peternakan urine domba, kambing ataupun kelinci cukup mudah didapatkan di lingkungan sekitar Poktan Tani Mulya yang selama ini hanya terbuang sia-sia dan mencemarkan lingkungan.

Urine ternak domba, kambing dan kelinci dengan proses pengolahan dan sedikit sentuhan teknologi, maka limbah hasil ternak dapat dikemas menjadi pupuk organik cair (Biourine). Aplikasinya cukup mudah karena diberikan melalui penyemprotan atau penyiraman. Pupuk organik mempunyai efek jangka panjang yang baik bagi tanah, yaitu dapat memperbaiki struktur kandungan organik tanah dan selain itu juga menghasilkan produk pertanian yang aman bagi kesehatan, sehingga pupuk organik ini dapat digunakan untuk pupuk yang ramah lingkungan. Keunggulan Pupuk Organik Cair yaitu mempunyai jumlah kandungan NPK dan air lebih banyak dibandingkan kotoran sapi padat, mengandung zat perangsang tumbuh dan bau khas urine ternak dapat mencegah datangnya berbagai hama tanaman.

Pertemuan dihadiri oleh Petugas dari Dinas Pertanian kabupaten Bandung, Koordinator Penyuluh dan Penyuluh Lapangan BPP Pasir Jambu serta anggota poktan. Respon petani terhadap materi yang disampaikan sangat baik dan ingin segera mempraktekkan di kebun masing-masing. Kelompoktani berharap bimbingan serta latihan yang diberikan oleh BPTP Jabar dalam rangka pendampingan kawasan perkebunan teh rakyat dapat dilaksanakan secara rutin, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam mengelola usaha taninya.