JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

DISPLAY PERPUSTAKAAN: Corner Library BPTP Jawa Barat

 

 

Pustakawan merupakan pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak untuk melaksanakan kegiatan kepustakawanan.  Dalam kegiatan kepustakawanan salah satu unsur pentingnya adalah memberdayakan koleksi perpustakaan. Salah satu bentuk koleksi ini adalah buku. Menurut Dr. Ramamitra Ranganathan, Bapak perpustakaan asal India, disampaikan bahwa perpustakaan harus didekatkan dengan para pemustakanya. Sehingga setiap buku ada pembacanya serta setiap pemustaka ada bukunya.

Dewasa ini kecenderungan pengguna perpustakaan makin berkurang. Masyarakat digital lebih banyak mengunjungi informasi internet dari pada koleksi tercetak di perpustakaan. Sementara informasi yang tersedia di perpustakaan pun sangat banyak dan melimpah.

Sesuai dengan pendapat di atas, Perpustakaan BPTP Jawa Barat mencoba merintis “corner  library” atau display perpustakaan yang disimpan di pojokan kantin BPTP Jawa Barat. Pengelola perpustakaan mencoba mendekatkan jarak antara koleksi perpustakaan dengan penggunannya. Upaya mendatangi lokasi tempat karyawan/karyawati BPTP Jawa Barat berkerumun atau berkumpu di sela pekerjaan. Dengan menyajikan koleksi perpustakaan di lokasiini, diharapkan dapat menstimulasi parapemustaka untuk menggali informasi lebih lanjut. Walau di lingkungan kantin yang notabene orang datang untuk mencari makanan.

Vania Rossa (Suara.com: 2018) menyampaikan kutipan, bahwa sebuah studi yang dilakukan Central Connecticut State University pada tahun 2016, menyebutkan minat baca masyarakat Indonesia menempati urutan ke-60 dari 61 negara. Dengan kata lain minat baca masyarakat Indonesia hanya sebesar 0,01 persen atau satu berbanding sepuluh ribu. Sementara kebiasaan membaca buku dipercaya dapat mendatangkan berbagai manfaat. Selain dapat menambah wawasan juga dapat meningkatkan kemampuan otak yang berguna menurunkan risiko serangan penyakit Alzheimer di usia lanjut.

Corner Library BPTP Jabar menyajikan sekitar 40 s.d. 50 eksemplar koleksi perpustakaan, baik buku ilmiah maupun populer. Buku disajikan secara bergilir setiap dua minggu sekali. Pemustaka dapat meminjam kolesi yang disajikan dengan mengisi form peminjaman secara mandiri. Corner Library ini selain menjalankan layanan sirkulasi juga menjalankan layanan pendidikan pemustaka. Kegiatan dan fungsi perpustakaan disosialisasikan dan diajarkan kepada siswa dan mahasiswa peserta PKL di BPTP Jawa Barat. Semoga dengan display ini dapat merangsang pemustaka untuk membaca koleksi perpustakaan. Kenapa tidak mencoba, dari hal yang kecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang. (Setiawan)