JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

BPTP Jabar Lakukan Kegiatan Pengkajian Dukungan Inovasi Pertanian Untuk Meningkatkan IP pada Lahan Kering

Sobat Tani, BPTP Jabar kini tengah melakukan kegiatan pengkajian dukungan inovasi pertanian untuk peningkatan IP di lahan kering. Kegiatan ini berlangsung di Kelompok Tani Pelangi, Desa Sakurjaya, Kecamatan Ujung Jaya, Kab. Sumedang pada Masa Tanam (MT III) yakni dari Bulan Juli hingga Oktober seluas 5 hektar.

Dr. Ir Yanto Surdianto, MP. selaku Peneliti BPTP Jabar menyampaikan harapan dari kegiatan di lokasi tersebut. “Lahan kering di Desa Sakurjaya sedang bera karena keterbatasan air sehingga kegiatan ini diharapkan dapat menambah indeks pertanaman lahan kering dari IP 200 menjadi IP 300,” ujar Bapak Yanto.

Solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah keterbatasan air pada lahan kering di lokasi Desa Sakurjaya ini yakni membuat sumur pantek. Kini prosesnya telah sampai pada tahap pembuatan/pemasangan instalasi irigasi, dengan sumber air dari sumur pantek maka air dapat mulai dialirkan ke petakan-petakan melalui pipa. Sementara untuk penyiraman tanaman digunakan Irigasi Sprinkler.

Selain pembuatan sumur pantek dan penggunaan teknologi irigasi sprinkler, berikut beberapa teknologi inovasi yang diterapkan oleh BPTP Jabar yakni penggunaan varietas unggul tanaman seperti varietas unggul baru padi gogo, jagung, kedelai, kacang tanah, kacang hijau serta penggunaan sistem tanam tumpangsari tanaman (TURIMAN)

(Humas BPTP Jabar)